Bupati Pamekasan Bangga Dua Pebatik Ciptakan Motif Baru

Pamekasan – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam mengaku bangga terhadap dua pebatik Desa Klampar, Kecamatan Proppo, yang berhasil menciptakan motif batik baru dan mendapatkan sertifikat hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Dua pebatik tersebut masing-masing Abdurrasyid yang menerima hak cipta atas motif Junjung Derajat Kontemporer, serta Salim menerima sertifikat hak cipta untuk motif Daun Pacar China.

“Tentunya kami sangat bangga dengan prestasi membanggakan ini, dua pebatik Pamekasan berhasil menciptakan motif batik baru dan telah memiliki hak cipta. Sekaligus menjadi identitas baru bagi batik Pamekasan,” kata Badrut Tamam, Minggu (17/2/2019).

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap prestasi tersebut bisa diikuti para pebatik lain agar terus berinovasi khususnya di sektor batik.

“Kami cukup bangga dan ini bisa menjadi pemacu (motivasi) bagi para pebatik lainnya untuk berkreasi,” ungkapnya.

Hanya saja pihaknya mengimbau agar para pebatik tetap mengedepankan nilai filosofis batik, khususnya batik khas daerah berslogan Bumi Gerbang Salam yang sudah mengalir dari generasi ke generasi berikutnya.

“Tidak kalah penting tentu kita berharap kreasi inovatif yang dilakukan para pebatik di Pamekasan, tidak menghilangkan nilai filosofi batik sebagai bagian dari kreasi nenek moyang,” imbau pimpinan yang akrab disapa Ra Badrut. [*]

Bagikan Artikel

Be the first to comment

Leave a Reply