Pesona Batik Podhek Pamekasan Semakin Menjadi

Batik Podhek semakin mempesona dalam fashion show surabaya

PAMEKASAN- Batik Podhek yang tumbuh dan berkembang di Dusun Podhek Desa Rang Perang Daya Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan semakin mempesona.

Keterampilan yang telah turun temurun di beberapa generasinya terus terjaga hingga saat ini, bahkan semakin banyak dengan harga yang semakin tinggi.

Rusydi Salah seorang yang dengan penuh semangat serta ketelatenan membina pengrajin batik Podhek mengatakan, bahwa batik Podhek semakin berkembang, baik tehnik maupun motif.

“Saya mengikuti perjalanan batik Podhek sejak awal, dari harga Rp 125 ribu sampai sekarang berharga puluhan juta rupiah,” tutur Rusydi saat ditemui suaraindonesia.co.id di galeri batiknya, Sabtu (13/07/2019).

Menurut Rusydi, pengrajin batik Podhek konsisten dan memiliki motivasi luar biasa dalam berkarya. Sangat wajar menjadi batik berkelas premium.

“Pengrajin batik Podhek mau belajar, karena mereka sadar akan batiknya yang butuh kerja keras, kesabaran, dan ketelatelan untuk dapat menghasilkan karya luar biasa,” ungkap Rusydi.

Perkembangan tehnik membatik dan motif yang variatif adalah modal batik Podhek untuk semakin dicari peminatnya.

“Keterampilan mereka semakin bagus, serta pilihan motif yang tepat untuk pasar sudah dipahami semua pengrajin. Mereka berlomba untuk menghasilkan karya yang semakin bagus, karena pasar sudah menunggu,” terangnya.

Motif hokosan, blandaan, dan lainnya yang menjadi inspirasi pengrajin ditambah tehnik membatik dan mewarna yang sangat detail membuat pesonanya semakin menjadi.

“Inovasi mereka dalam menggarap motif hokosan, blandaan, dan lainnya dengan tehnik yang sangat detail baik pewarnaan serta penggunaan canting nol merem menjadikan batik Podhek semakin mempesona,” tandasnya. (suaraindonesia.co.id)

Bagikan Artikel

Be the first to comment

Leave a Reply