BIMTEK IKM BERSAMA KOMISI VI DPR RI, KEMENPERIN DAN DISPERINDAG PAMEKASAN

BIMTEK IKM BERSAMA KOMISI VI DPR RI, KEMENPERIN DAN DISPERINDAG PAMEKASAN

Direktorat Jenderal Industri Menengah dan Aneka kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Komisi VI DPR RI dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Pamekasan, melaksanakan Bimbingan teknis Produksi dan kewirausahaan dalam rangka penumbuhan pengembangan WUB industri kecil dan Menengah di kabupaten Pamekasan selama 4 hari, mulai hari senin-kamis (2-5/3/2020) di Hotel Madinah Pamekasan.

Turut hadir dalam pembukaan acara ini, yakni H. Achmad Baidowi, M.Si., Anggota Komisi VI DPR RI., Ir. Nurcahyani Dwi Sukmawati, M.Si., Kepala Subdirektorat IKM Makanan, Direktorat IKM Pangan Barang dari Kayu dan Furnitur, Dirjen IKM, kementerian Perindustrian RI., serta Bambang Edy Suprapto, SH., MM. (2/3).

Dalam kesempatan itu, Bambang Edy Suprapto menyoroti,adanya regulasi dalam hal ini Permendagri yang melarang Pemerintah daerah (Pemda) menggunakan APBD untuk memberikan bantuan alat kepada IKM, meskipun nilai kecil.

“Kami sampaikan kepada Pak Baidowi, mohon bagaimana Permendagri (nomor 128) bisa dirubah, dikembalikan ke masa lalu tentang Pemda dapat mengalokasikan anggaran untuk bantuan alat. agar APBN dan APBD bersinergi maka, Permendagri ini harus dirubah, agar kita bisa bersinergi dengan kemenperin mampun dengan komisi VI DPR RI”, kata kadisperindag Pamekasan, Bambang Edy Suprapto.

“Sinerginya, Komisi VI dari sisi SDM, kita dalam sisi perlatannya”, tandasnya.

Menurutnya, selama pengalaman 4 tahun terakhir melakukan pembinaan IKM, selalu diminta peralatan untuk produksi oleh IKM untuk pengembangan usahanya.

Perlu diketahui, acara yang dibuka langsung oleh H. Achmad Baidowi, M.Si., Anggota Komisi VI DPR RI. ini diikiuti oleh 120 peserta dari bebeberapa kelompok IKM, yaitu IKM pangan berbahan dasar pisang, IKM minuman tradisional, IKM Genteng, IKM Kerajinan anyaman, IKM Perbengkelan Roda Dua, dan IKM Perbengkelan las Logam. (Umam/Dprdg)

Bagikan Artikel

Be the first to comment

Leave a Reply