30/09/2022

Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan melakukan pelatihan pembuatan canting batik cap berbahan Kertas bekas, di Gedung Sentra Batik Desa Klampar Kec. Proppo Pamekasan pada Selasa-Kamis 14-16 Juni 2022.

Pelatihan yang diisi oleh Bapak Norrahmad (Owner Omah Kreatif Dongaji Yogyakarta) innovator Teknologi Tepat Guna (TTG) Canting Batik Cap ini ditutup oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Pamekasan, Nayla Baddrut Tamam, ditemani Ibu Vonni Totok Hartono, Ibu Fatimatuz Zahra Bambang Edy Suprapto dan Sekretaris Disperindag, ST. Abdiyati Muradi.

Dalam sambutannya, Bunda Nayla mengatakan untuk terus berlatih dan mengasah keahlian membuat pola dan membatik cap agar semakin halus dan bervariatif.

“Pamekasan itu terkenal dengan batik tulisnya, sehingga setelah batik cap ini perlu banyak variasi dan perlu banyak edukasi lagi untuk kita semua, supaya semakin baik proses batiknya”, ungkapnya.

Diharapkan hasil dari pelatihan ini adalah terciptanya wirausaha baru (WUB) pendukung sektor industri batik, peningkatan kompetensi SDM serta pengembangan kualitas produk batik. Sebagai tindaklanjutnya akan dilakukan pengembangan batik cap Pamekasan, peningkatan kualitas desain batik cap Pamekasan, sehingga mampu menggenjot produktivitas dan kualitas batik cap Pamekasan. (umam/disperindag)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: